PERUSAHAAN JASA KONSTRUKSI, LEVERANSIR DAN PENGADAAN PERUSAHAAN JASA KONSTRUKSI, LEVERANSIR DAN PENGADAAN PERUSAHAAN JASA KONSTRUKSI, LEVERANSIR DAN PENGADAAN

Kamis, 07 Maret 2013

Panduan AHS Analisa Harga Satuan Pekerjaan Jalan (Bina Marga) 2010dan SNI 2007

Panduan Analisa Harga Satuan (AHS) Pekerjaan Jalan yang dikeluarkan Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum adalah pedoman perhitungan analisa harga satuan pekerjaan jalan yang selalu mengikuti perkembangan standar jalan atau spesifikasi teknis jalan. Disebut pedoman berarti menjadi petunjuk dalam perhitungan, akan tetapi pedoman tersebut tetap harus disesuaikan dengan kondisi dimana pekerjaan jalan direncanakan/dibangun.

Seiring dengan terbitnya standar spesifikasi teknis jalan terbaru, Spesifikasi Umum 2010, menjadikan beberapa perubahan pada analisa harga satuan pekerjaan jalan. Hal ini disebabkan adanya perubahan pada beberapa item pekerjaan dalam spesifikasi teknis jalan tersebut, seperti item pekerjaan Perkerasan Kaku yang sebelumnya berada pada Divisi 8 – Struktur, menjadi bagian dari Divisi 5 – Perkerasan Berbutir dan Perkerasan Beton Semen. Begitu juga dengan tebal minimum persyaratan AC-BC pada Perkerasan Lentur yang sebelumnya 5,0 cm menjadi 6,0 cm.
Perubahan-perubahan seperti di atas menyebabkan perubahan pada analisa harga satuan. Perubahan-perubahan dapat dilihat pada link ini. Sebagai standar spesifikasi teknis jalan, Spesifikasi Umum 2010 merupakan dasar terbitnya Panduan Analisa Harga Satuan untuk Pekerjaan Jalan.
Panduan Analisa Harga Satuan Pekerjaan Jalan yang pertama kali di Indonesia adalah Panduan Analisa Harga Satuan tahun 1995. Pada perkembangannya, terbit Panduan Analisa Harga Satuan Pekerjaan Jalan tahun 2008 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, yaitu Panduan Analisa Harga Satuan No. 008/BM/2008. Panduan Analisa Harga Satuan ini didasari oleh Spesifikasi Umum edisi Desember 2006.
Dengan dikeluarkannya Spesifikasi Umum 2010, Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum menerbitkan Panduan Analisa Harga Satuan Pekerjaan Jalan No 008-1/BM/2010 edisi Desember 2010. Panduan Analisa Harga Satuan merupakan pengembangan dari Panduan Analisa Harga Satuan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum No. 008/BM/2008 pada tahun 2008 tersebut di atas.
Berikut adalah link-link untuk Panduan Analisa Harga Satuan Pekerjaan Jalan yang didasarkan atas Spesifikasi Umum 2010.

Demikian artikel mengenai Panduan Analisa Harga Satuan Pekerjaan Jalan berdasarkan Standar Jalan Spesifikasi Umum 2010. Semoga bermanfaat. Sukses untuk Anda.


Sumber : PU dan www.galihgumelar.com : Panduan AHS Analisa Harga Satuan Pekerjaan Jalan (Bina Marga) 2010

5 komentar:

Suriyadi Abd. Salam mengatakan...

like

dedie monroe mengatakan...

sepp,...

Anonim mengatakan...

terima kasih telah berbagi informasi

Anonim mengatakan...

ga bisa di download gann..( delete by user )

Arif Subagiyo mengatakan...

PASWORNDYA APA GAN ?

Poskan Komentar

Terima Kasih telah Berkunjung Ke CV. KUSUMA JAYA Pacitan

 
Design by CV KUSUMA JAYA | Web by CV KUSUMA JAYA Templates | KoesumaDenny